Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Dikalahkan Irak: Disalip Malaysia

07/06/2024 By sukaitu@gmail.com 0

RedaksiBali.com – Timnas Indonesia mengalami penurunan peringkat dalam ranking FIFA setelah dikalahkan oleh Irak dengan skor 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (6/6/2024). Kekalahan ini terjadi pada matchday 5 putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pada babak pertama, Timnas Indonesia sebenarnya bermain cukup baik. Skor tetap 0-0 hingga jeda, menunjukkan pertahanan yang solid dan strategi yang cukup efektif. Namun, kondisi berubah drastis di babak kedua.

Performa Menurun di Babak Kedua
Apes tak bisa dihindari, performa ciamik Timnas Indonesia di babak pertama tidak berlanjut di babak kedua. Dua gol bersarang di gawang Ernando Ari masing-masing pada menit ke-54 dan 88. Situasi semakin sulit setelah bek Timnas Indonesia, Jordi Amat, mendapatkan kartu merah pada menit ke-59 akibat melanggar Aymen Hussein. Jordi Amat, yang pernah bermain untuk Swansea City, terpaksa meninggalkan lapangan, membuat Timnas Indonesia harus bermain dengan sepuluh pemain.

baca juga ….

Penurunan Peringkat FIFA
Kekalahan dari Irak berdampak signifikan terhadap ranking FIFA Timnas Indonesia. Posisi Timnas Indonesia turun dari peringkat 134 ke 136. Anak asuh Shin Tae-yong kehilangan 5,7 poin, kini hanya mengoleksi 1.097,27 poin. Namun, Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk memperbaiki posisi ranking FIFA dengan mengalahkan Filipina pada laga pemungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertandingan Krusial Melawan Filipina
Laga melawan Filipina yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 11 Juni 2024 menjadi sangat krusial. Kemenangan adalah harga mati bagi Timnas Indonesia untuk menjaga peluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Jika imbang atau kalah, sementara Vietnam menang atas Irak, maka peluang Merah Putih untuk melaju otomatis tertutup.

Disalip oleh Malaysia
Tidak hanya harus menelan pil pahit kekalahan, Timnas Indonesia juga harus menyaksikan rival abadi mereka, Malaysia, menyalip di ranking FIFA. Malaysia berhasil bermain imbang 1-1 melawan Kirgistan, yang memberikan tambahan 2,81 poin bagi mereka. Dengan tambahan poin tersebut, Malaysia kini memiliki 1.097,35 poin, naik tiga posisi dari peringkat 138 ke 135 dunia. Ini tentunya menjadi pukulan tambahan bagi Timnas Indonesia yang sebelumnya berada di posisi yang lebih baik.

Kekalahan dari Irak membawa dampak signifikan bagi Timnas Indonesia, baik dari segi peringkat FIFA maupun peluang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan melawan Filipina akan menjadi penentu nasib Timnas Indonesia di kualifikasi ini. Diharapkan anak asuh Shin Tae-yong bisa bangkit dan meraih kemenangan untuk memperbaiki posisi dan menjaga asa lolos ke tahap berikutnya.