Pelatih Filipina Bertekad Jegal Timnas Indonesia, Dukung Vietnam Masuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

07/06/2024 By sukaitu@gmail.com 0

RedaksiBali.com – Pelatih timnas Filipina, Tom Saintfiet, bertekad untuk menjegal langkah timnas Indonesia pada laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Saintfiet berharap Vietnam yang akan lolos ke putaran ketiga.Filipina baru saja menelan kekalahan dramatis dari Vietnam pada Kamis (6/6/2024). Skuad The Azkals kalah dengan skor 2-3 dari Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi. Filipina sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Patrick Reichelt pada menit ke-62. Namun, dua gol Nguyen Tien Linh membalikkan kedudukan menjadi 2-1 untuk keunggulan Vietnam. Kevin Ingreso sempat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-89, sebelum akhirnya Pham Tuan Hai mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-90+5.

Saintfiet Akui Keunggulan Vietnam
Pelatih Filipina, Tom Saintfiet, menerima kekalahan timnya di markas Vietnam. “Saya ingin mengucapkan selamat kepada tim Vietnam dan suasana yang dibawakan para penggemar hari ini,” ucap Saintfiet dikutip dari BolaSport.com, mengutip media Vietnam, Soha.vn, pada Kamis (6/6/2024).

Saintfiet menilai bahwa anak asuhnya telah bermain dengan baik, meskipun hasil akhirnya tidak memuaskan. “Dalam pertandingan ini, tim saya banyak melakukan serangan berbahaya, hasil imbang akan lebih baik. Saya menyesali hasil ini. Namun, saya puas dengan kinerja seluruh tim. Para pemain perlu belajar dan mendapatkan banyak pengalaman setelah kekalahan hari ini,” jelas pelatih berusia 51 tahun tersebut.

baca juga ….

Komitmen Melawan Indonesia
Meskipun Filipina sudah dipastikan gugur, Saintfiet berjanji untuk memberikan perlawanan terhadap Indonesia pada laga terakhir Grup F. Ia bahkan berharap mendapat dukungan dari suporter Vietnam untuk bisa menaklukkan tim Garuda di kandang. “Saya berharap juga mendapat dukungan dari suporter Vietnam di laga terakhir,” ucap Saintfiet.

Saintfiet secara terang-terangan ingin membantu Vietnam lolos ke putaran ketiga. “Jika kita menang melawan Indonesia dan Vietnam menang melawan Irak, tim Vietnam akan terus maju,” tuturnya. “Kami akan melakukan yang terbaik. Indonesia adalah tim yang kuat dan mereka juga ingin menang. Pertandingan berikutnya akan sangat sulit,” tegasnya.

Kondisi Klasemen dan Jadwal Pertandingan
Saat ini, Indonesia menempati peringkat kedua klasemen Grup F dengan tujuh poin, sedangkan Vietnam berada di urutan ketiga dengan enam angka. Pada laga terakhir, Indonesia akan berhadapan dengan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa (11/6/2024). Sementara itu, Vietnam akan bertandang ke markas Irak pada Rabu (12/6/2024) dini hari WIB.

Dengan ambisi besar untuk menjegal langkah Indonesia, pelatih Filipina Tom Saintfiet menunjukkan komitmen tinggi meskipun timnya sudah dipastikan gugur. Pertandingan antara Indonesia dan Filipina di SUGBK akan menjadi laga yang sangat dinantikan, karena akan menentukan siapa yang akan melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Berikut klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

Pos         Team     Pld          W           D            L             GF          GA          GD          Pts

1             Irak (lolos)           5             5             0             0             14           1             +13        15

2             Indonesia             5             2             1             2             6             8             −2           7

3             Vietnam               5             2             0             3             5             7             −2           6

4             Filipina (gugur)   5             0             1             4             3             12           −9           1