Philippe Troussier Dipecat dari Timnas Vietnam Setelah Empat Kekalahan dari Timnas Indonesia?

22/03/2024 By sukaitu@gmail.com 0

RedaksiBali.com – Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier, harus menelan pil pahit dengan dipecatnya dari jabatannya setelah mengalami empat kekalahan berturut-turut dari timnas Indonesia. Timnas Indonesia telah menjadi momok menakutkan bagi Troussier, dengan catatan kekalahan yang mengecewakan dalam setiap pertemuan mereka.

Rekor Kekalahan Troussier dari Timnas Indonesia

Dari empat pertemuan kontra timnas Indonesia, Troussier selalu mengalami kekalahan. Pertama, saat ia masih melatih Qatar pada Piala Asia 2004, timnas Indonesia berhasil menaklukkan Qatar dengan skor 2-1. Gol-gol kemenangan dicetak oleh Ponaryo Astaman dan Budi Sudarsono, menandai kekalahan pertama Troussier dari timnas Indonesia.

Kekalahan berlanjut di berbagai kompetisi. Kekalahan kedua Troussier datang pada Mei 2023, saat timnas Vietnam U-22 yang ia latih kalah 2-3 dari timnas Indonesia U-22 dalam semifinal SEA Games 2023. Kemudian, di Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, timnas Vietnam kembali menelan kekalahan dari timnas Indonesia dengan skor 0-1 dalam dua pertemuan berbeda.

Dampak Kekalahan terhadap Timnas Vietnam

Kekalahan dari timnas Indonesia bukan hanya mempengaruhi reputasi Troussier, tetapi juga hasil yang didapat oleh timnas Vietnam secara keseluruhan. Dari 13 pertandingan yang dilakoni sejak awal 2023, Vietnam kalah dalam sembilan pertandingan dan hanya menang empat kali. Statistik ini mencerminkan performa buruk Vietnam di Piala Asia 2023, di mana mereka tersingkir di fase grup setelah kalah dalam tiga pertandingan.

baca juga ….

Langkah Kontroversial VFF

Dengan hasil yang mengecewakan ini, Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) kemungkinan mengambil langkah tidak populer dengan memecat Philippe Troussier. Keputusan ini diambil mungkin sebagai upaya untuk menghadirkan perubahan dan mengembalikan performa positif timnas Vietnam. Kekalahan beruntun Troussier melawan timnas Indonesia menjadi alasan kuat bagi VFF untuk mengambil tindakan tersebut.

Kesimpulan

Empat kekalahan berturut-turut Troussier dari timnas Indonesia telah mencoreng reputasinya sebagai pelatih. Langkah kontroversial VFF untuk memecat Troussier menunjukkan dampak besar yang dimiliki performa timnas Vietnam terhadap karir pelatihnya. Langkah selanjutnya bagi Vietnam dan Troussier sendiri tetap menjadi tanda tanya, sementara timnas Indonesia terus mengukir prestasi di level internasional.