Pasar Saham Indonesia Mencetak Rekor Tertinggi dan Saham-Saham Menguat Signifikan

15/03/2024 By sukaitu@gmail.com 0

RedaksiBali.com – Pada sesi perdagangan hari ini, pasar saham Indonesia kembali mencatatkan beberapa poin penting terkait kinerja IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) dan beberapa saham yang mengalami kenaikan signifikan. Salah satu poin utama adalah IHSG mencetak rekor tertingginya, mencapai 7.426,67. Hal ini menunjukkan indikasi positif dari kinerja pasar saham di Indonesia.

Kinerja Sektor Energi Mendorong Kenaikan IHSG

Sektor energi menjadi penopang utama kenaikan IHSG pada sesi perdagangan hari ini, dengan pertumbuhan mencapai 1,83%. Kinerja sektor energi yang positif ini memberikan kontribusi signifikan terhadap kenaikan IHSG.

Saham-Saham yang Menguat Signifikan

Pada sesi perdagangan hari ini, beberapa saham mencatat kenaikan harga yang signifikan. Pelat Timah Nusantara (NIKL) menjadi saham dengan kenaikan harga paling signifikan, naik 25% menjadi Rp 430 per saham. Surya Semesta Internusa (SSIA) naik 17,42%, Alfa Energi Investama (FIRE) naik 17,39%, Delta Dunia Makmur (DOID) naik 13,33%, dan Asuransi Harta Aman Pratama (AHAP) naik 12,20%. Kenaikan harga saham-saham ini memberikan dampak positif terhadap IHSG.

baca juga ….

Sentimen Positif yang Mempengaruhi IHSG

Kenaikan IHSG pada sesi perdagangan hari ini dipengaruhi oleh antusiasme investor dalam menanti rilis data ekonomi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Data-data ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kondisi pasar tenaga kerja dan inflasi di AS, yang berpotensi memengaruhi keputusan Federal Reserve terkait kebijakan suku bunga.

Beberapa data ekonomi AS yang dinantikan meliputi klaim pengangguran mingguan, inflasi produsen (PPI), dan penjualan ritel. Proyeksi data-data ini, terutama yang menunjukkan pertumbuhan, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pasar.

Pernyataan Jerome Powell, Ketua Federal Reserve, mengenai kebijakan suku bunga juga menjadi perhatian investor. Powell mengindikasikan kemungkinan penurunan suku bunga acuan di tahun ini, tetapi kepastiannya masih belum jelas. Pernyataan ini juga dapat memengaruhi sentimen pasar dan transaksi saham.

Demikianlah gambaran singkat tentang kinerja pasar saham, terutama IHSG, dan faktor-faktor yang memengaruhinya pada sesi perdagangan hari ini. Selain itu, beberapa saham juga mencatat kenaikan yang signifikan. Investor dan pelaku pasar dapat terus memantau perkembangan pasar dan rilis data ekonomi global untuk mengambil keputusan investasi yang tepat.