Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Unggul 60,1 % Menurut Survei Terbaru Poltracking

07/02/2024 By sukaitu@gmail.com 0

RedaksiBali.com – Pasangan Prabowo-Gibran Unggul di Jawa Timur Menurut Survei Terbaru Poltracking, Survei terbaru yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia telah merilis data elektabilitas Pilpres 2024 di Jawa Timur (Jatim). Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming memimpin dengan perolehan 60,1 persen. Diikuti oleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 17,2 persen, dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 14,9 persen. Sebanyak 7,8 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Tren Elektabilitas Pasangan Prabowo-Gibran di Jawa Timur

Menurut hasil simulasi surat suara, pasangan Prabowo-Gibran memimpin dengan elektabilitas 60,1 persen. Pasangan ini terus mengalami peningkatan tren elektoral sejak Juni 2023, dengan kenaikan signifikan mencapai 19,5 persen dari September 2023 hingga Januari 2024. Hal ini menunjukkan popularitas yang terus meningkat bagi pasangan ini di Jawa Timur.

Tren Elektabilitas Pasangan Ganjar-Mahfud di Jawa Timur

Pasangan Ganjar-Mahfud awalnya memimpin dengan stabil dari Mei 2022 hingga Juni 2023. Namun, posisi mereka disalip oleh Prabowo Subianto pada September 2023. Meskipun sudah dipastikan menggandeng Mahfud MD sebagai calon wakil presiden, elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami penurunan sebesar 21 persen pada Januari 2024. Hal ini menunjukkan adanya pergeseran preferensi pemilih di Jawa Timur.

baca juga ….

Tren Elektabilitas Pasangan Anies-Cak Imin di Jawa Timur

Pasangan Anies-Cak Imin mengalami penurunan elektabilitas pada Juni 2023, namun mengalami sedikit kenaikan pada September 2023 setelah penunjukan Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden bersama Anies Baswedan. Dari September 2023 hingga Januari 2024, tren elektoral Anies-Muhaimin relatif stabil dengan kenaikan 1,3 persen. Namun, elektabilitas mereka masih berada di bawah pasangan Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud.

Metode Survei dan Margin of Error

Survei ini dilakukan pada rentang waktu 25 hingga 31 Januari 2024 di 11 Daerah Pemilihan (Dapil) DPR RI Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah stratified multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 8000 responden. Margin of error dari survei ini adalah +/- 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95%. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka oleh pewawancara terlatih menggunakan teknologi aplikasi digital terhadap responden yang dipilih secara acak.

Kesesuaian Hasil Survei dengan Survei Lainnya

Hasil survei Poltracking ini sejalan dengan survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia, yang juga mencatat pasangan Prabowo-Gibran unggul di Jawa Timur dengan perolehan 56,2 persen. Ganjar-Mahfud berada di posisi kedua dengan 19,9 persen, dan Anies-Cak Imin dengan 15,7 persen. Sementara itu, sebanyak 8,2 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab dalam survei tersebut. Hal ini menunjukkan adanya konsistensi dalam hasil survei yang menunjukkan popularitas pasangan Prabowo-Gibran di Jawa Timur.

Dengan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran yang terus meningkat, pasangan ini menjadi kandidat yang kuat dalam Pilpres 2024 di Jawa Timur. Namun, perlu diingat bahwa hasil survei adalah gambaran pada saat ini dan dapat berubah seiring dengan perkembangan politik dan kampanye yang dilakukan oleh masing-masing pasangan calon.