Rusak Jaring Pagar, 14 Pengungsi Rohingya Kabur dari ISC Aceh Timur

13/04/2024 By sukaitu@gmail.com 0
Rusak Jaring Pagar, 14 Pengungsi Rohingya Kabur dari ISC Aceh Timur

RedaksiBali.com – Sebanyak 14 pengungsi etnis Rohingya kabur dari Idi Sport Center (ISC) di Aceh Timur pada Jumat (12/4/2024), Hari Raya ketiga Idul Fitri 1445 Hijriah. Kaburnya para pengungsi ini diduga dilakukan dengan merusak jaring besi sebagai jalan keluar.

Menurut informasi yang diperoleh, para pengungsi tersebut melarikan diri tanpa sepengetahuan pengelola ISC. Abu Bakar Siddiq Bin Sabre, salah satu pengungsi Rohingya di ISC, mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui rencana 14 Pengungsi Rohingya Kabur dari ISC Aceh Timur.

baca juga ….

Pada pukul 00.30 WIB, Abu Bakar bersama dua rekannya ingin beristirahat, namun saat mereka bangun pada pukul 05.15 WIB untuk shalat Subuh, mereka menyadari bahwa hanya mereka bertiga yang masih berada di tempat tersebut. Sedangkan 14 pengungsi lainnya sudah tidak terlihat.

Mereka tidak mengetahui secara pasti kapan dan bagaimana para pengungsi Rohingya itu melarikan diri. Mereka hanya melihat bahwa jaring besi telah dirusak untuk membuka jalan bagi para pengungsi kabur.

Kasatpol PP Aceh Timur, Teuku Amran, membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun, ia menyatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui apakah ada pengamanan pada malam kejadian tersebut, karena tanggung jawab pengamanan ISC merupakan kewenangan UNHCR.

Kejadian ini menunjukkan kompleksitas dalam penanganan masalah pengungsi, serta menyoroti peran tanggung jawab dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan pengungsi di tempat penampungan.