Daftar Negara yang Telah Melaksanakan Program makan siang gratis untuk Rakyatnya

05/03/2024 By sukaitu@gmail.com 0
Daftar Negara yang Telah Melaksanakan Program Makan Siang Gratis untuk Rakyatnya

RedaksiBali.com – Program makan siang gratis menjadi salah satu fokus dalam pemilihan presiden Indonesia 2024, yang diusung oleh pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pasangan ini sementara memimpin dalam perolehan suara quick count berbagai lembaga survei dibandingkan dengan rival mereka, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Masyarakat Indonesia kini menantikan realisasi janji kampanye makan siang gratis, meskipun detail teknis program tersebut masih belum jelas.

Namun, penting untuk dicatat bahwa program semacam ini bukanlah sesuatu yang baru, karena beberapa negara telah menjalankannya, terutama dengan fokus pada memberikan makan siang kepada siswa di sekolah-sekolah.

baca juga ….

Dayamitra Telekomunikasi Mencatatkan Laba Bersih yang Meningkat Tajam di 3Q23

Berikut adalah beberapa negara yang telah melaksanakan program makan siang:

Swedia

Swedia telah memiliki program makan gratis di sekolah-sekolah, di mana setiap siswa di sekolah dasar dan menengah menerima makan siang secara gratis.

Finlandia

Negara ini juga menyediakan makan gratis di sekolah-sekolah sebagai bagian dari sistem pendidikan mereka.

Brasil

Program pemerintah yang dikenal sebagai "Programa Nacional de Alimentação Escolar" memberikan makan siang kepada siswa di sekolah-sekolah umum di Brasil.

Jepang

Meskipun tidak sepenuhnya gratis, Jepang memiliki program "Kyushoku" di sekolah-sekolah yang menyediakan makan siang dengan biaya yang sangat terjangkau.

India

Program Mid-Day Meal Scheme di India menyediakan makan gratis atau sangat terjangkau di sekolah-sekolah untuk meningkatkan partisipasi anak-anak dalam pendidikan.

Norwegia

Negara ini juga menyediakan makan gratis atau terjangkau di sekolah-sekolah sebagai bagian dari kebijakan pendidikan mereka.

Melalui program-program seperti ini, negara-negara tersebut berupaya untuk memberikan akses makanan yang memadai kepada anak-anak di sekolah-sekolah, sehingga mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka secara optimal.