Daftar Tokoh Penerima Gelar Jenderal Kehormatan di Indonesia

29/02/2024 By sukaitu@gmail.com 0

RedaksiBali.com – Pada tanggal Rabu (28/2), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diumumkan akan menerima kenaikan pangkat sebagai gelar Jenderal kehormatan dari Presiden Joko Widodo. Keputusan ini disambut sebagai sebuah bentuk apresiasi terhadap dedikasi serta kontribusi yang signifikan dari Prabowo di bidang militer dan pertahanan.

Menurut Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, kenaikan pangkat tersebut merupakan pengakuan atas dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan Prabowo selama ini, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009. “Pemberian pangkat jenderal kepada Pak Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusinya di bidang militer dan pertahanan,” ungkap Dahnil kepada wartawan.

Kenaikan pangkat ini akan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri. Langkah serupa sebelumnya telah diterima oleh beberapa tokoh militer terkemuka seperti Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), AM Hendropriyono, dan beberapa tokoh militer lainnya.

baca juga ….

Berikut ini adalah daftar tokoh yang sebelumnya telah menerima kenaikan pangkat kehormatan sebagai Jenderal:

Sarwo Edhie Wibowo

Mantan Pangdam Cenderawasih ini mendapat kenaikan pangkat kehormatan satu tingkat lebih tinggi dari Presiden Soeharto.

Soesilo Soedarman

Dianugerahi gelar Jenderal Kehormatan oleh Presiden Soeharto saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Republik Indonesia.

Agum Gumelar

Penerima gelar Jenderal Kehormatan Bintang Empat dari Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid, saat menjabat sebagai Menteri Perhubungan.

Luhut Binsar Pandjaitan

Mendapat gelar Jenderal Kehormatan dari Presiden Abdurrahman Wahid saat menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Dianugerahi Jenderal Kehormatan oleh Presiden kelima Megawati Soekarnoputri saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan.

Hari Sabarno

Menerima kenaikan pangkat sebagai Jenderal Kehormatan dari Presiden Megawati, saat dipercayai sebagai Menteri Dalam Negeri.

AM Hendropriyono

Gelar Jenderal Kehormatan diberikan oleh Presiden Megawati saat menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara.

Dengan penambahan Prabowo Subianto dalam daftar ini, semakin menguatkan jejak langkah tokoh-tokoh yang dihormati di bidang militer dan pertahanan di Indonesia.