KPPS Dilantik di Tempat Pengelolaan Sampah

25/01/2024 By sukaitu@gmail.com 0

REDAKSIBALI.COM – Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Bebandem dilantik secara serentak di 8 desa. pada Kamis (25/1/2024). Sebanyak 1.302 orang anggota KPPS dilantik dengan menggunakan pakaian adat Bali sebagai bentuk penerapan Pergub Bali no 79 tahun 2018 tentang penggunaan busana adat Bali. Sebelum pelantikan seluruh KPPS juga melaksanakan Penanaman Pohon. Menurut Ketua PPK Kecamatan Bebandem, penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian KPU terhadap lingkungan akibat dari penggunaan kertas suara yang berasal dari bahan baku kayu”

Yang unik, seluruh KPPS di Desa Bebandem di lantik di Tempat Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Agro Bandem Lestari. Alasan pemilihan tempat ini sebagai bentuk KPU dalam menjaga Lingkungan. Setelah Pembacaan sumpah/Janji, menandatangani Fakta integritas, KPPS diberikan pengarahan mengenai cara mengelola sampah yang dihasilakan dari proses pelantikan.

“Petugas KPPS harus bertugas sesuai dengan azas Pemilu dan Peraturan Perundang-Undangan agar semua tahapan Pungut hitung di TPS berjalan sesuai tahapan dan tidak menimbulkan permasalahan yang bisa membuat Pemungutan Suara Ulang,” kata Anggota KPU Karangasem I Wayan Suartika saat menghadiri pelantikan.

Suartika juga sangat mengapresiasi Lokasi Pelantikan KPPS yang bertempat di TPS 3R. “Petugas KPPS diharapkan untuk peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” sebutnya

Ketua PPK Bebandem I Wayan Arik Ariasta berpesan agar seluruh anggota KPPS untuk menjaga netralitas dan bekerja sepenuh hati untuk mewujudkan pemilu tanpa gugatan di kecamatan Bebandem

Pelantikan KPPS se Desa Bebandem idi hadiri oleh KPU kabupaten Karangasem, Panitia Pemilihan Kecamatan Bebandem, Panitia Pemungutan Suara Desa Bebandem, Pengawas Kelurahan/ Desa, Perbekel Desa Bebandem, BABINSA Bebandem, BABINKAMTIBMAS Bebandem dan Ketua TPS 3R. (GR*)