Wabah Pneumonia di Bali: Kewaspadaan Meningkat, Langkah-langkah Preventif dan Tanggap Pemerintah

01/12/2023 By sukaitu@gmail.com 0

RedaksiBali.com – Wabah pneumonia yang tengah melanda beberapa negara, termasuk China dan Belanda, menarik perhatian dunia, termasuk Bali. Bali, sebagai destinasi wisata populer, mengambil langkah ekstra untuk menjaga kesehatan masyarakat dan wisatawan.

Kondisi Terkini di Bali

Munculnya wabah pneumonia di China telah membuat Bali meningkatkan kewaspadaan. Meskipun tidak ada perlakuan khusus terhadap turis asal China, Pemerintah Provinsi Bali telah mengambil langkah-langkah proaktif. Beberapa rumah sakit telah dipersiapkan, dan pengawasan ketat terhadap orang yang masuk Pulau Dewata dari China dilakukan.

Respons Pemerintah Bali

Pemerintah Provinsi Bali, melalui Dinas Kesehatan, telah memperkuat metode Sentinel Influenza Like Illness (ILI)-Severe Acute Respiratory Infection (SARI). Ini bertujuan untuk meminimalkan dampak penyakit melalui upaya pencegahan, informasi, dan manajemen kasus. Pihak berwenang juga melakukan sosialisasi di berbagai lokasi, termasuk Bandara I Gusti Ngurah Rai, untuk memberikan informasi terkait pencegahan dan pengendalian.

baca juga :

Kesiapan Kesehatan di Pelabuhan

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar tidak tinggal diam. Mereka mengantisipasi penularan wabah pneumonia dengan menyiapkan tiga rumah sakit rujukan bagi warga negara asing (WNA), khususnya dari China, yang menunjukkan gejala pneumonia. Tiga rumah sakit ini, yaitu RS Prof Ngoerah, RS Bali Mandara, dan RS Siloam, sudah direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan.

Langkah-langkah Pencegahan

Pemerintah Indonesia, termasuk Kementerian Kesehatan, telah mengambil langkah-langkah preventif. Meskipun tidak ada larangan bepergian, meningkatkan kewaspadaan pada penumpang yang mengalami gejala batuk dan demam diimbau. Seluruh laboratorium dan fasilitas kesehatan dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan lonjakan kasus.

Rekomendasi WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan langkah-langkah bagi masyarakat untuk mengurangi risiko penyakit pernapasan:

  • Vaksinasi: Rekomendasi vaksin untuk melawan influenza, Covid-19, dan patogen pernapasan lain jika diperlukan.
  • Jaga Jarak: Menjaga jarak dengan orang sakit.
  • Rawat Jalan: Menjalani rawat jalan di rumah sakit.
  • Tes dan Perawatan Medis: Tes dan perawatan medis sesuai kebutuhan.
  • Pemakaian Masker: Memakai masker dengan benar.
  • Ventilasi Baik: Memastikan ventilasi baik.
  • PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat): Mempraktikkan perilaku hidup bersih sehat, termasuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  • Segera ke Fasilitas Kesehatan: Segera ke fasilitas layanan kesehatan jika ada tanda gejala batuk dan kesulitan bernapas disertai demam.

Mari bersama-sama menjaga kesehatan dan keamanan. Patuhi protokol kesehatan, jaga kebersihan, dan jika mengalami gejala, segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat. Bersama kita bisa melawan wabah ini!